E-Commerce
Merupakan Pembelian, penjualan dan pertukaran barang
atau layanan dan informasi secara elektronik yaitu melalui jaringan komputer
terutama internet
Jenis-jenis
E-commerce
1. Business-to-Consumers
(B2C)
Penjual
adalah suatu organisasidan pembeli adalah individu
2. Consumer-to-Business
(C2B)
Konsumen
memberitahukan barang atau layanan yang dibutuhkannya, dan selanjutnya
organisasi-organisasi bersaing untuk menyediakan barang atau layanan tersebut
kepada konsumen
4. Consumer-to-consumer
(C2C)
Penjualan
barang atau layanan antara individu
5. Government-to-Citizens
(G2C)
Pemerintah
menyediakan layanan kepada masyarakat melalui teknologi Ecommerce
Pemerintah
juga dapat melakukan bisnis dengan pemerintah lain (Government-to-Government /
G2G) demikian juga dengan organisasi lain (Government-to-Business / G2B)
Karakteristik E-Commerce
Terjadinya
transaksi antara dua belah pihak (pembeli dan penjual)
Adanya
pertukaran barang, jasa, atau informasi
Internet
merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan ini
Keuntungan
E-commerce
Untuk Organisasi
Memperluas pasar perusahaan ke pasar nasional bahkan
internasional
Memungkinkan perusahaan untuk memperoleh barang atau layanan
dari perusahaan lain secara cepat dengan biaya yang minimal
Mempersingkat atau mengurangijalur distribusi pasar
Membantu bisnis kecil untuk bersaing dengan
perusahaan-perusahaan besar
2.
Untuk
Pelanggan
Memberikan konsumen lebih banyak pilihan
Memungkinkan konsumen untuk melakukan transaksi dalam 24 jam
sehari, hampir di mana saja
Memungkinkan lelang secara elektronik
Memungkinkan konsumen untuk
berinteraksi pada komunitas elektronik dan untuk bertukar pikiran dan
membandingkan pengalaman
Kelemahan E-Commerce
Kurangnya peraturan pemerintah dan standar industri nasional
maupun internasional
Orang belum percaya terhadap
transaksi tanpa tatap muka secara langsung
Persepsi bahwa e-commerce mahal dan tidak aman
Pembajakan kartu kredit
Ketidaksesuaian jenis dan
kualitas barang yang dijanjikan
Permasalahan Etis
Privasi (Privacy)
Permasalahan timbul ketika seseorang dapat mengetahui
informasi pribadi orang lain tanpa izin.
Web Tracking
Dengan menggunakan intelligent agent, dapat dilakukan
penelusuran terhadap aktivitas individu di internet. Program seperti cookies
juga dapat digunakan untuk mengetahui aktivitas pengguna internet.
Disintermediation
Disintermediation adalah proses menghilangkan perantara dalam
melakukan transaksi. Sehingga, pelanggan dapat langsung melakukan transaksi
dengan supplier
No comments:
Post a Comment